Demo Blog

TEORI ORGANISASI UMUM1 TUGAS 5

by shela mutia on Nov.22, 2009, under


TUGAS 5
1.     JELASKAN TENTANG PERUBAHAN / PERKEMBANGAN ORGANISASI (FAKTOR & DAMPAKNYA)???
   Bagi setiap organisasi sosial yang telah berhasil mengatasi permasalahan sosial yang ditanganinya akan mampu menarik sumberdaya yang dapat dimanfaakan sebagai jalan bagi organisasi tersebut dalam menghadapi berbagai permasalahan didalam organisasinya, sebagai upaya mempertahankan pertumbuhannya sehingga pada akhirnya akan mencapai kematangan. Dalam prosesnya suatu organisasi akan mengalami fase-fase proses siklus hidupnya  secara alamiah yang antara lain ; fase perkenalan, fase perkembangan, fase pendewasaan, fase kemunduran, dari tahap ini suatu organisasi akan mengalami dua pilihan fase selanjutnya yaitu fase kematian atau kembali berkembang.
Agar suatu organisasi bisa tetap bertahan bahkan dapat mencapai visi serta misi-misinya maka suatu organisasi tersebut memerlukan adanya suatu transformasi yang akan merubah lajunya organisasi tersebut secara keseluruhan sehingga akan siap dan lebih matang dalam menjalankan roda organisasinya demi tercapainya tujuan organisasi. Untuk itu dalam mengelola suatu organisasi sosial cara-cara convensional perlu segera ditinggalkan dan diganti dengan melakukan pendekatan-pendekatan keorganisasian yang bersifat modern. Bisa diambil contoh bahwa selama ini adanya suatu panti sosial asuhan anak (PSAA) berlokasi di pelosok perkotaan atau pedesaan sehingga membuat sebagian orang enggan untuk mengunjunginya karena alasan jarak dan waktu di tengah kesibukan masing-masing, padahal banyak dari masyarakat kita yang memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi dalam upaya berkontribusi dalam penanganan masalah sosial yang ada.



Faktor-faktor yang spesifik dari organisasi
Organisasi selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam mengatasi baik masalah eksternal maupun internal organisasi akan mendapatkan penyelesaian-penyelesaian yang berhasil. Keberhasilan mengatasi berbagai masalah tersebut merupakan dasar bagi tumbuhnya budaya organisasi.

Maka untuk mencapai kearah tersebut suatu organisasi perlu melakukan manajemen pertumbuhan, terdapat cara-cara agar suatu organisasi dapat tumbuh dan berkembang antara lain

Ekspansi
Strategi ekspansi perlu dilakukukan untuk menggali sumberdaya baru serta menanggulangi objek permasalahan  sosial yang belum tersentuh di daerah-daerah yang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pembukaan cabang-cabang baru atau unit-unit yang menjadi perwakilan organisasi pusat di daerah-daerah.
Diversifikasi.
Diversifikasi dalam suatu organisasi sosial adalah adanya suatu upaya pengembangan dalam unit pelayanan sosial yang sasarannya adalah untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan  sosial yang lain.
 Pengembangan Teknologi
Pertumbuhan suatu organisasi tidak bisa lepas dari unsur tekhnologi, begitupun dengan sebuah organisasi sosial. Pemanfaatan tehknologi yang terus-menerus diupdate sesuai dengan perkembangan zaman akan sangat membantu dalam pertumbuhan suatu organisasi tersebut.

 

Teknik Manajerial

Perbaikan tekhnik manajerial secara terus-menerus menjadi point yang utama dalam menentukan kemajuan ataupun kemunduran suatu organisasi. Dengan perbaikan manajerial secara berkelanjutan tersebut akan menghasilkan suatu efisiensi manajemen yang dampaknya akan mendorong dan mempercepat proses perkembangan organisasi.
  

referensi :
www.manajemen.web.id


0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!