Demo Blog

TEORI ORGANISASI UMUM1 TUGAS 4

by shela mutia on Nov.22, 2009, under


TUGAS 4

1.JELASKAN TENTANG MOTIVASI,KOMUNIKASI DAN KESIMPULAN???
A.   MOTIVASI
Motivasi merupakan dorongan dari dalam diri setiap orang yang menyebabkan seseorang berperilaku seperti mereka lakukan. Motivasi ini timbul karena belum terpuaskan kebutuhan seseorang terhadap sesuatu yang belum dicapainya.
Motivasi dalam organisasi merupakan pemberian dorongan dari atasan yang dapat mempengaruhi sikap mereka sehingga bersedia menjalankan tugas-tugas yang selaras dengan tujuan organisasi. Motivasi yang berhasil dari atasan yang dapat mendorong kreatifitas karyawan dalam bekerja maupun dalam pemecahan masalah yang dihadapi bawahan.

B.    KOMUNIKASI
Komunikasi ini terutama komunikasi yang bersifat intern khususnya komunikasi antara atasan dengan bawahan. Dengan komunikasi yang dapat mencerminkan kejelasan berita/perintah yang diberikan sesuai dengan kedudukan masing-masing anggota organisasi dalam struktur organisasi maka komunikasi ini sangat berguna dalam menciptakan suasana kerja sama antara atasan dan bawahan yang dilandaasi dengan saling pengertian karena ditunjang adanya komunikasi informal (hubungan antara karyawan ) yang efektif.

Ada 2 bentuk komunikasi yaitu :
One Way Traffic (komunikasi yang tidak secara langsung) adalah komunikasi satu arah yang artinya komunikasi ini terjadi bila seseorang yang mengirim berita tidak bermaksud untuk menerima umpan balik (respon) dari orang yang menerimanya secara langsung. Jadi hanya bermaksud memberikan informasi atau menyampaikan perintah dari atasan untuk dikerjakan karyawan.
Contoh : Acara berita di televisi merupakan contoh dari komunikasi secara tidak langsung karena kita hanya bisa melihat si pembawa berita dan mendengarkan berita – berita apa saja yang dia sampaikan.
Two Way Traffic adalah komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan yang lain dimana kedua orang tersebut sama-sama aktif dalam memberikan tanggapan. Jadi baik komunikator maupun komunikan sama-sama aktif dalm berinteraksi.
Contoh : Biasanya dilakukan diantara sesama teman atau sesama karyawan yang berada alam tingkatan struktur organisasi yang sama.
Syarat-syarat yang harus dipenuhi  agar komunikasi berjalan lancer :
• Jelas yaitu dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima berita.
• Tepat yaitu dalam hal orang yang dituju untuk diberi berita atau informasi yang perlu disampaikan.
• Sasaran yaitu tujun pemberi berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim.

C.    KESIMPULAN
Faktor lain disamping terciptanya komunikasi yang menguntungkan ada pula dorongan  motivasi terhadap bawahan juga diperlukan. proses dimana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan kepada orang lain melalui pesan simbolis. Dengan motivasi yang ditujukkan kepada bawahan baik yang bersifat positif  (dengan menambah tingkat kepuasan tertentu :gaji,jabatan ) maupun yang  negative (potong gaji skors )  diharapkan bawahan terdorong untuk melakukan pekerjaan yang telah diperintahkan kepadanya. dua kelompok atau individu yang telah mengadakan interaksi sosial dengan intensif, terdapat pembagian tugas, struktur dan norma norma tertentu yang khas bagi kesatuan sosial tersebut.

referensi :
www.manajemen.web.id
buku pengantar gunadarma


0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!