Demo Blog

MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL.

by shela mutia on Nov.22, 2009, under

Tugas membuat garis vertical,diagonal dan horizontal dengan menggunakan openGLUlasan sedikit tentang pengertian OpenGL(Open Graphics Library)adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD,Dev C++.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API). 

Langkah awal membuat program OpenGl.Pertama yang harus yang kita lakukan pastikan leptop anda sudah terinstal aplikasi ini kalau belum lakukan dengan cara menginstal  Dev C++ dan gluth.h yaitu header yang digunakan untuk openGL.Karena software inilah yang akan digunakan untuk bekerja dengan openGL.Buka Dev C++ untuk memulai project baru.Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah :


A. OpenGL Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.

B. OpenGL Extension untuk X-Windows yang menyediakan fungsi untuk menciptakan OpenGL context dan mengasosiasikannya dengan mesin yang menggunakan X-Windows. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glx.

C. Auxiliary atau aux library terdapat pada library glaux.lib dan file header glaux.h. Perintah yang akan digunakan selalu menggunakan awalan aux

D. OpenGL Utility Toolkit (GLUT) adalah toolkit untuk sistem windows yang ditulis oleh Mark Kilgard untuk menyembunyikan perintah API sistem windows yang kompleks.

cara membuat project baru :
1. Klik menu File > Pilih New > Project .




2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.



Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program yang ditugaskan pada mata kuliah grafik komputer dan pengolahan citra ini yaitu  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Jangan lupa pada saat menuliskan koding dibawah
 /* OpenGL animation code goes here */

1.MEMBUAT GARIS VERTIKAL



ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES); //untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :






2. MEMBUAT GARIS HORIZONTAL

Untuk membuat garis Horizontal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis horizontal :




ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :





3.MEMBUAT GARIS DIAGONAL

Untuk membuat garis Diagonal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal dan horizontal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis diagonal :




ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); //untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :




NAMA  : SHELA MUTIA.
NPM     : 16110509.
KELAS : 3KA33.
TUGAS MATA KULIAH GRAFIK DAN PENGOLAHAN CITRA.









0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!