MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL.
by shela mutia on Nov.22, 2009, under
Tugas membuat garis vertical,diagonal dan horizontal dengan menggunakan openGL. Ulasan sedikit tentang pengertian OpenGL(Open Graphics Library)adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD,Dev C++.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).
Langkah awal membuat program OpenGl.Pertama yang harus yang kita lakukan pastikan leptop anda sudah terinstal aplikasi ini kalau belum lakukan dengan cara menginstal Dev C++ dan gluth.h yaitu header yang digunakan untuk openGL.Karena software inilah yang akan digunakan untuk bekerja dengan openGL.Buka Dev C++ untuk memulai project baru.Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah :
A. OpenGL
Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level
bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini
digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.
B. OpenGL
Extension untuk X-Windows yang menyediakan fungsi untuk menciptakan OpenGL
context dan mengasosiasikannya dengan mesin yang menggunakan X-Windows.
Rutin-rutin ini mempunyai awalan glx.
C.
Auxiliary atau aux library terdapat pada library glaux.lib dan file header
glaux.h. Perintah yang akan digunakan selalu menggunakan awalan aux
D. OpenGL
Utility Toolkit (GLUT) adalah toolkit untuk sistem windows yang ditulis oleh
Mark Kilgard untuk menyembunyikan perintah API sistem windows yang kompleks.
cara membuat project baru :
1. Klik menu File > Pilih
New > Project .
1. Klik menu File > Pilih New > Project .
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu
klik OpenGL dan beri nama Project.
Setelah membuat project,lanjut kita
untuk membuat program yang ditugaskan pada mata kuliah grafik komputer dan pengolahan
citra ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Jangan lupa pada saat menuliskan koding
dibawah
/* OpenGL
animation code goes here */
1.MEMBUAT
GARIS VERTIKAL
ULASAN KODINGAN DIATAS :
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam
mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES); //untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//untuk mengakhiri
gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer
layar.
Kemudian jalankan project dengan
mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta
untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan
tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan
dan menghasilkan output :
2. MEMBUAT
GARIS HORIZONTAL
Untuk membuat garis Horizontal langkah-langkahnya
sama seperti membuat garis vertikal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut
adalah koding garis horizontal :
ULASAN KODINGAN DIATAS :
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam
mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri
gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();// Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer
layar.
Kemudian jalankan project dengan
mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta
untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan
tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan
dan menghasilkan output :
3.MEMBUAT
GARIS DIAGONAL
Untuk membuat garis Diagonal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal dan horizontal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis diagonal :
ULASAN KODINGAN DIATAS :
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam
mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); //untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri
gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer
layar.
Kemudian jalankan project dengan
mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta
untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan
tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan
dan menghasilkan output :
NAMA : SHELA MUTIA.
NPM : 16110509.
KELAS : 3KA33.
TUGAS MATA KULIAH GRAFIK DAN PENGOLAHAN CITRA.
0 komentar