Demo Blog

PERKEMBANGAN TELEMATIKA

by shela mutia on Nov.22, 2009, under

PERKEMBANGAN TELEMATIKA DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Awal Perkembangan Telematika di masa lampau

Perkembangan telematika tidak terlepas dari perkembangannya di masa lalu. Untuk kasus di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang wktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000.

Perkembangan Telematika Saat Ini

          Saat ini banyak bidang yang memanfaatkan telematika, seperti bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen mereka seperti telekomunikasi lewat telepon,, saluran televisi, radio, media lainnya, dan bahkan system pelacakan navigasi secara realtime berbasis satelit yang disebut GPS(Global Positioning System). Dalam penerapaannya, Telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian/control pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang navigasi, telematika membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat pengiriman data, lalu data telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler dan di teruskan ke pelangggan . Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di device telekomunikasi seperti handphone, pda, dan smartphone .

Perkembangan telematika dalam TI sangat berkembang dikarenakan  dari permintaan kebutuhan pengguna/masyarakat di internet ,bisnis, dan Industri kreatif. Beberapa TI yang booming saat ini , dan akan berlanjut dengan TI yang lebih terbaru dan lebih kreatif
·        Chatting : Yahoo Messenger, Gmail, MIRc
·        Email  :  Yahoo , Gmail
·        Video streaming   :Youtube
·        Social network  :   Facebook, Friendster,Myspace
·        Blog   :  wordpress,blogger,kronologger (microblogging).


SUMBER:
·        http://rezadaniss.blogspot.com/2013/10/definisi-telematika-perkembangan-dalam.html

·        (http://www.beritanet.com/teknologi/berita-IT/indikasi-perkembangan-ICT. html)

REFERENSI :
·        Wawan Wardiana, "Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia" Yogyakarta,


0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!