PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
by shela mutia on Nov.22, 2009, under
Pasar memiliki pengertian penggolongan
produsen kepada beberapa
bentuk
pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan,
banyaknya
perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam
industri
dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Analisa ekonomi membedakan
struktur
pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli,
Persaingan
Monopolistis, dan Pasar Oligopoli.
Persaingan sempurna merupakan struktur
pasar yang paling ideal karena
dianggap
sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya
kegiatan
memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya.
Perekonomian
merupakan pasar persaingan sempuma. Akan tetapi dalam prakteknya
tidaklah
mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur organisasinya
digolongkan
kepada persaingan sempurna yang murni, yaitu yang ciri-cirinya
sepenuhnya
bersamaan dengan dalam teori. Yang ada adalah yang mendekati ciricirinya,
yaitu struktur pasar
dari berbagai kegiatan disektor pertanian.
Pasar persaingan sempurna dapat
didefinisikan sebagai struktur pasar atau
industri
dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Dan setiap penjual ataupun
pembeli tidak dapat
mempengaruhi keadaan di pasar.
CIRI-CIRI
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
1. Setiap
perusahaan adalah “pengambil harga”
Artinya suatu
perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau meubah harga
pasar.
2. Setiap
perusahaan mudah keluar atau masuk
Artinya sekiranya perusahaan mengalami
kerugian, dan ingin meninggalkan
Industri tersebut, langkah ini
dengan mudah dilakukan
3. Setiap
perusahaan menghasilkan barang yang sama
Artinya
bahwa barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk
dibeda-bedakan.
4. Banyak
perusahaan dalam pasar
Artinya karena jumlah perusahan sangat banyak
dan relatif kecil jika
dibandingkan dengan jumlah produksi
dalam industri tersebut.
5. Pembeli
mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar
Artinya bahwa pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku
dan perubahan ke atas harga tersebut.
Beberapa
kelemahan / keburukan persaingan sempurna yaitu :
A. Persaingan
sempurna tidak mendorong inovasi
B. Persaingan
sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
C. Membatasi
pilihan konsumen
D. Biaya
produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
E.
Distribusi
pendapatan tidak selalu merata
Sifat
dan hasil penjualan adalah berbeda di antara pasar persaingan
sempurna
dengan struktur pasar lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena ditinjau
dari
sudut seorang produsen, bentuk permintaan yang dihadapi oleh seorang
produsen
di pasar persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi
seorang produsen di
pasar lainnya. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga
penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya
berperan sebagai penerima harga (price-taker).
Referensi :
Adi kuswanto,Zuhad Ichyaudin,1991.Buku Paket Gunadarma
penggantar ekonomi.
Boediono,Ekonomi mikro BPFE,Yogyakarta.
Pindyck,R.S.,Daniel L.R,2003. Mikro Eonomi. PT.INDEKS,Jakarta.
Sadiono Sakirno,1999. Pengantar Makro Ekonomi ,Rajawali
Pers,Jakarta.
2 komentar
-
Unknown
3 Juli 2017 pukul 22.39Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami,
saat ini karna bantuan aki melalui pesugihan dana gaib tanpa tumbal sangat berarti bagi keluarga kami.
Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
silahkan hubungi
Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
Supaya lebih jelas kunjungi blog
Klik-> PESUGIHAN UANG GAIB
17 Oktober 2016 pukul 02.55
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)