Demo Blog

PASAR MONOPOLI

by shela mutia on Nov.22, 2009, under


      Pasar Monopoli  adalah suatu keadaan dimana didalam pasar hanya ada satu penjual sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya. Dimana tidak ada unsur persaingan dari perusahaan yang  lain.karena seandainya pun ada hanya ada satu penjual dipasar,sehingga tidak ada persaingan langsung dari perusahaan lain,kemungkinan masih ada perusahaan yang tidak langsung  misalnya dari produk atau barang-barangdari perusahaan lain yang biasa sebagai subtitusi (meski subtitusi tidak sempurna) untuk barang-barang yang dihasilkan perusahaan monopoli.
      Secara umum pasar monopoli menyandang predikat jelek karena dikonotasikan dengan perolehan keuntungan yang melebihi normal dan supply komoditas yang lebih sedikit bagi masyarakat,meskipun dalam prakteknya tidak selalu demikian. Sebagai contoh beberapa perusahaan di Indonesia dijalankan secara monopoli dengan alasan untuk melindungi kepentingan rakyat banyak seperti halnya pertamina dan Pam.
       Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual /produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. Di dalam ilmu ekonomi dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industry diproduksi dan dijual oleh satu perusahaan yang disebut monopoli atau pasar monopoli.
      Didalam kehidupan sehari-hari sering kita temui bentuk pasar monopoli yaitu situasi pasar dimana hanya ada satu penjual produk,dan produk tersebut tidak ada penggantinya (no substitutes).oleh karena itu perilaku dalam pengambilan keputusan di pasar agak berbeda dengan pasar  persaingan sempurna.
     Yang berbeda antara perusahaan monopoli dan perusahaan dalam struktur pasar lain adalah kurva permintaan yang dihadapi perusahaan. Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya produsen bagi suatu produk tertentu,maka kurva permintaannya adalah sama dengan kurva permintaan pasar bagi produknya.

Bentuk pasar monopoi dibedakan menjadi :
·         Pasar monopoli  murni yaitu bentuk pasar yang ekstrim, contohnya PLN,PAM,PT.Kereta Api. Dll.
·         Pasar yang mendekati monopoli (near monopoly) yaitu pasar yang hanya terdiri dari satuorang pengusaha (single producer). Sebagai contoh adalah penjual sate di suatu daerah terntentu merupakan monopoli  murni.

Monopoli yang TIDAK DILARANG:
  • Monopoli by Law
o   Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
o   Monopoli by Nature
  • Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
  • Monopoli by Lisence
o   Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

CIRI PASAR MONOPOLI:
1.     Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.
2.    Penampilan baik dalam bentuk lokasi penjualan maupun service merupakan upaya mendapatkan laba maximum.
3.    Penjual tunggal ini tidk dipengaruhi dan tidak mempengaruhi harga serta output dari produk-produk lain yang dijual perekonomian.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERWUJUDNYA PASAR MONOPOLI.
1.     Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
2.    Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.    Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.

PERATURAN-PERATURAN YANG MEWUJUDKAN KEKUASAAN MONOPOLI ADALAH :
1.     Peraturan Patent dan Hak Cipta.
Hak cipta atau hak paten adalah suatu jaminan hokum untuk menghindari penjiplakan. Agar usaha mengembangkan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan barang baru akan memberi keuntungan kepada perusahaan, haruslah pemerintah melarang dan menghukum kegiatan menjiplak tersebut.

2.    Hak Usaha Eksklusif.
Tanpa adanya hak eksklusif untuk berusaha sebagai perusahaan monopoli akan timbul halangan untuk menikmatiskala ekonomi secara maksimum. Sebagai akibatnya setiap perusahaan akan menetapkan harga/tarif yang tinggi ke atas barang/jasa yang dihasilkannya.

    Karena dalam moonopoli kekuasaan pengusaha tunggal pada suatu pasar dapat menjadi amat besar,maka biasanya pemerintah ikut campur tangan dalam sector yang dikuasai oleh monopolis tersebut mencegah jangan sampai besarnya kekuasaan tersebut di slahgunakan.
   Sampai sekarang ini mungkin orang memperoleh kesan bahwa monopoli itu buruk. Oleh karena itu dibutuhkan pengendalian monopoli. Pengendalian dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu: metode pengendalian harga dan perpajakan. Pengendalianharga menghasilkan output yang bersaing murni dan laba berbeda,metode pengendalian ini semua menghasilkan hasil yang agak berbeda.



Referensi :
Adi kuswanto,Zuhad Ichyaudin,1991.Buku Paket Gunadarma penggantar ekonomi.
Boediono,Ekonomi mikro BPFE,Yogyakarta.
Pindyck,R.S.,Daniel L.R,2003. Mikro Eonomi. PT.INDEKS,Jakarta.
Sadiono Sakirno,1999. Pengantar Makro Ekonomi ,Rajawali Pers,Jakarta.

0 komentar more...

0 komentar

Posting Komentar

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!