PASAR MONOPOLI
by shela mutia on Nov.22, 2009, under
Pasar Monopoli adalah suatu keadaan dimana didalam pasar
hanya ada satu penjual sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya. Dimana
tidak ada unsur persaingan dari perusahaan yang
lain.karena seandainya pun ada hanya ada satu penjual dipasar,sehingga
tidak ada persaingan langsung dari perusahaan lain,kemungkinan masih ada
perusahaan yang tidak langsung misalnya
dari produk atau barang-barangdari perusahaan lain yang biasa sebagai subtitusi
(meski subtitusi tidak sempurna) untuk barang-barang yang dihasilkan perusahaan
monopoli.
Secara umum pasar
monopoli menyandang predikat jelek karena dikonotasikan dengan perolehan
keuntungan yang melebihi normal dan supply komoditas yang lebih sedikit bagi
masyarakat,meskipun dalam prakteknya tidak selalu demikian. Sebagai contoh
beberapa perusahaan di Indonesia dijalankan secara monopoli dengan alasan untuk
melindungi kepentingan rakyat banyak seperti halnya pertamina dan Pam.
Pasar monopoli
adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada
satu penjual /produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. Di
dalam ilmu ekonomi dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industry
diproduksi dan dijual oleh satu perusahaan yang disebut monopoli atau pasar
monopoli.
Didalam kehidupan
sehari-hari sering kita temui bentuk pasar monopoli yaitu situasi pasar dimana
hanya ada satu penjual produk,dan produk tersebut tidak ada penggantinya (no
substitutes).oleh karena itu perilaku dalam pengambilan keputusan di pasar agak
berbeda dengan pasar persaingan sempurna.
Yang berbeda antara
perusahaan monopoli dan perusahaan dalam struktur pasar lain adalah kurva
permintaan yang dihadapi perusahaan. Karena perusahaan monopoli adalah
satu-satunya produsen bagi suatu produk tertentu,maka kurva permintaannya
adalah sama dengan kurva permintaan pasar bagi produknya.
Bentuk
pasar monopoi dibedakan menjadi :
·
Pasar monopoli
murni yaitu bentuk pasar yang ekstrim, contohnya PLN,PAM,PT.Kereta Api.
Dll.
·
Pasar yang mendekati monopoli (near monopoly)
yaitu pasar yang hanya terdiri dari satuorang pengusaha (single producer).
Sebagai contoh adalah penjual sate di suatu daerah terntentu merupakan
monopoli murni.
Monopoli
yang TIDAK DILARANG:
- Monopoli by Law
o
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi
penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
o
Monopoli by Nature
- Monopoli yang lahir
dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
- Monopoli by Lisence
o
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.
CIRI
PASAR MONOPOLI:
1.
Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.
2.
Penampilan baik dalam bentuk lokasi penjualan
maupun service merupakan upaya mendapatkan laba maximum.
3.
Penjual tunggal ini tidk dipengaruhi dan tidak
mempengaruhi harga serta output dari produk-produk lain yang dijual
perekonomian.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MENYEBABKAN TERWUJUDNYA PASAR MONOPOLI.
1.
Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya
tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain
2.
Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati
skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3.
Monopoli wujud dan berkembang melalui
undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan
tersebut.
PERATURAN-PERATURAN
YANG MEWUJUDKAN KEKUASAAN MONOPOLI ADALAH :
1.
Peraturan Patent dan Hak Cipta.
Hak cipta atau hak paten adalah suatu jaminan
hokum untuk menghindari penjiplakan. Agar usaha mengembangkan teknologi dengan
tujuan untuk menciptakan barang baru akan memberi keuntungan kepada perusahaan,
haruslah pemerintah melarang dan menghukum kegiatan menjiplak tersebut.
2.
Hak Usaha Eksklusif.
Tanpa adanya hak eksklusif untuk berusaha
sebagai perusahaan monopoli akan timbul halangan untuk menikmatiskala ekonomi
secara maksimum. Sebagai akibatnya setiap perusahaan akan menetapkan harga/tarif
yang tinggi ke atas barang/jasa yang dihasilkannya.
Karena dalam
moonopoli kekuasaan pengusaha tunggal pada suatu pasar dapat menjadi amat
besar,maka biasanya pemerintah ikut campur tangan dalam sector yang dikuasai
oleh monopolis tersebut mencegah jangan sampai besarnya kekuasaan tersebut di
slahgunakan.
Sampai sekarang ini
mungkin orang memperoleh kesan bahwa monopoli itu buruk. Oleh karena itu
dibutuhkan pengendalian monopoli. Pengendalian dapat dilakukan dengan beberapa
cara yaitu: metode pengendalian harga dan perpajakan. Pengendalianharga menghasilkan
output yang bersaing murni dan laba berbeda,metode pengendalian ini semua
menghasilkan hasil yang agak berbeda.
Referensi :
Adi kuswanto,Zuhad Ichyaudin,1991.Buku Paket Gunadarma
penggantar ekonomi.
Boediono,Ekonomi mikro BPFE,Yogyakarta.
Pindyck,R.S.,Daniel L.R,2003. Mikro Eonomi. PT.INDEKS,Jakarta.
Sadiono Sakirno,1999. Pengantar Makro Ekonomi ,Rajawali Pers,Jakarta.
0 komentar